Cara Aman Testing Ubuntu 11.04 Natty Narwhal Daily Build

Tidak sabar menunggu Ubuntu 11.04 Natty Narwhal yang masih 2 bulan lagi, iseng-iseng mencoba secara aman, maklum pernah kejadian ketika ikut-ikutan ngetes bug dulu malah macet semua komputernya. Lagi-lagi saking kepenginnya mencoba si Unity, langsung aja download si Ubuntu Natty Narwhal Alpha 2 PC (Intel x86) desktop CD yang daily build beneran, buktinya saat ini sudah berubah dari yang didownload 3 hari kemarin, hebat.

Tidak kaget untuk kecewa karena harus dengan cara aman yaitu tidak usah diinstal di komputer yang dipakai untuk aktifitas sehari-hari atau bekerja, dan lebih aman lagi yaitu dengan memakai USB Stick atau FlashDisk sehingga komputer kita aman dan tidak ada perubahan namun bisa menikmati atau juga ikutan melaporkan bugs yang ada secara lewat internet tentunya.

Dua kali menginstall ke USB Flashdisk Jetflash saya, sebagaimana yang dilakukan oleh Jono di Testing Natty and Unity Safely With a USB Stick yalah pertama dengan startup disk creator bawaan Ubuntu 10.10 yang caranya sangat mudah sekali, yaitu, tinggal mencolokkan flashdisk saja kemudian dengan startup disk creator membuat ubuntu master di flashdisk dari file iso Ubuntu 11.04 Natty Narwhal Alpha 2 yang barusan didownload.

Ubuntu Start Up Disk Creator

Ubuntu Start Up Disk Creator

Sangat mudah hanya kemudian reboot setelah selesai dan Ubuntu 11.04 Natty Narwhal Alpha 2 akan berjalan dengan Live USB, namun pada percobaan hari ini masih gagal pada Lenovo saya, karena icon-icon aplikasi belum muncul, sebagaimana mencari terminal yang tidak ketemu, dan sepertinya keyboard pun belum terdeteksi. #mdrcct.

Kemudian mencoba cara kedua membuat Live USB Ubuntu 11.04 Natty Narwhal Aplha 2 dengan Unetbootin yang bisa ditemukan di synaptics untuk menginstallnya, atau kalau mau yang lebih baru bisa dengan menggunakan situs http://unetbootin.sourceforge.net/ untuk mendownloadnya baik untuk Windows ataupun Linux dengan bermacam distribusinya. Bisa juga melalui PPA Launchpad pada https://launchpad.net/~gezakovacs/+archive/ppa berikut cara installasinya saat menambahkan repository di OS Ubuntu tentunya. Penggunaannya pun sama dengan Start Up Disk Creator yaitu setelah kita mengunduh file iso Ubuntu 11.04 Natty Narwhal Daily Bulid atau saat ini Aplha 2.

Unetbootin pada Ubuntu 10.10

Proses pembuatan Live USB Ubuntu Natty di USB flash disk dengan Unetbootin

Unetbootin selesai mengkopi file iso

Cara ketiga adalah dengan membuat entri baru di Grub2 dengan menggunakan Unetbootin yaitu dengan membuat Live Ubuntu dengan menjalankan file iso-nya dari hardisk. Sehingga pada awal booting ada pilihan menjalankan Ubuntu seperti yang ada ketika menjalankannya dengan LiveUSB ataupun LiveCD. Untuk menghapusnya pun mudah, karena nantinya akan ada pilihan untuk meremove entry tersebut. Seperti yang dipost di blog Usemos Linux.

iso unetbootin grub2 ubuntu

Cara keempat adalah yang paling kompleks yaitu dengan mengedit Grub2 seperti yang ditulis pada blog Cum sa testezi noi distributii fara CD,Memorystick sau VirtualBox in mod real juga pada komentar di Webupd8 yaitu:

sudo fdisk -l
sudo gedit /etc/grub.d/40_custom

kemudian tambahkan pada iso yang mau dipakai dengan kode:

menuentry "Boot Ubuntu 10.10 Live ISO" {
loopback loop (hd0,1)/home/ubuntu-10.10-desktop-i386.iso
linux (loop)/casper/vmlinuz boot=casper iso-scan/filename=/home/ubuntu-10.10-desktop-i386.iso
file=(loop)/preseed/ubuntu.seed quiet splash --
initrd (loop)/casper/initrd.lz
}

dan bangun ulang bootsektor grub2 dengan mantera:

sudo update-grub2

Silahkan ganti dengan apa yang sesuai dengan komputer anda. Serta bisa juga dengan Burg Manager 1.0 namun belum saya coba.

Memang hasilnya agak berbeda dengan startup disk creator, sepertinya dengan Unetbootin lebih lengkap dan smooth, namun percobaan menggunakan Ubuntu 11.04 Natty Narwhal Alpha 2, masih saja belum sukses. Beruntung tidak diinstal di komputer, dan artinya pengetesan melalui installasi Ubuntu di USB Flashdisk, sangat aman dan rekomended untuk mencegah kerusakan pada komputer, dan Ubuntu berjalan dengan baik di USB Flashdisk ketika saya coba dengan distribusi yang sebelumnya.