menyaksikan peresmian BTS ke 30 ribu #XLMemajukanNegeri

xl memajukan negeri

XL adalah salah satu provider telekomunikasi di Indonesia yang berdiri sejak 8 Oktober 1996. Dulu pada awalnya XL hanya ada di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, kemudian merambah banyak kota di Indonesia. Kemudian saat ini sudah memiliki jaringan hingga ke desa-desa juga, dan BTS XL yang melampaui 30.000 pada 11 April lalu puncak perayaannya dilakukan di desa Kepuharjo, Cangkringan Sleman Yogyakarta. Berdekatan dengan Golf Merapi dan lokasi turunnya awan panas Gunung Merapi pada tahun 2010 yang juga meluluhlantakan beberapa BTS XL maupun BTS provider telko lainnya.

Puncak perayaan dengan tagline #XLMemajukanNegeri tentang jumlah BTS XL yang berdiri sudah melampaui 30ribu ini diadakan di Yogyakarta, maka para juragan dan petinggi perusahaan telko inipun ikut menyaksikan. Misalnya seperti Turina Farouk, Vice President Corporate Communication XL sendiri yang juga mau berfoto-foto bersama para blogger. Blogger yang di koordinasikan dalam Komunitas Blogger Jogja turut menjadi saksi, karena hubungan yang sudah baik, dan blogger tentunya adalah orang-orang yang rakus memakan bandwith dan komunikasi data, dan tentu juga memiliki kontribusi penting untuk perusahaan telko karena kadang blogger bicara apa adanya ketika mengalami koneksi internet yang sedang mengalami masalah.

Di Kepuharjo Cangkringan Yogyakarta, peresmian BTS XL ke 30.000 dilakukan oleh Kanjeng Susuhunan Sri Paku Alam IX mewakili Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Perwakilan dan Kominfo, dan para petinggi XL. Acara dimeriahkan dengan band-band lokal dan suguhan seni jathilan dari para pemuda Kepuharjo, Cangkringan. Lokasi BTS XL di Kepuharjo ini sangat strategis karena berada di tengah-tengah keramaian pemukiman antara Kali Kuning dan Kali Gendol, dan tidak jauh dari tempat ini adalah lokasi wisata bekas letusan Gunung Merapi 2010 yang masih saja ramai dikunjungi wisatawan.

XL adalah pendukung Kopdar Blogger Nusantara 2011 di Sidoarjo, maka pada kesempatan ini juga hadir @rara79 @Mubarika_D dan @Gempurmedia, @idblognetwork bersama @sutradara_cinta, @tomipurba, @radityo_da juga ketua dan panitia Kopdar Blogger Nusantara 2012 di Makassar @Ipulg_, @dgical Komunitas Blogger Anging Mamiri, dan @ansarijelek dari Komunitas Blogger Maros serta puluhan warga Komunitas Blogger Jogja.

Dalam kesempatan ini juga dipresentasikan tentang portal Jogja Siaga Bencana yang dilakukan oleh Indro Kimpling, untuk memberikan informasi seputar bencana alam dan kesiap siagaan bencana di DIY. Portal ini didukung oleh XL Axiata.

BTS XL ke 30.000

Peresmian ke 30 ribu BTS XL Kepuharjo

BTS XL Memajukan Negeri

Acara peresmian BTS XL 30 ribu

Peresmian BTS XL

Peresmian BTS XL Kepuharjo

pakualam pidato BTS XL

Peresmian BTS XL Memajukan Negeri

bakti sosial XL Memajukan Negeri

Pengguntingan Pita BTS XL Memajukan Negeri

bos XL

Komunitas Blogger Jogja

Turina Farouk, Mubarika Darmayanti

 

Berikut kutipan pers rilis Jumlah BTS XL lampaui 30 ribu persembahan XL Memajukan Negeri:

Yogyakarta, 11 April 2012., Jumlah BTS milik PT XL Axiata (XL) telah melebihi 30 ribu (2G/3G). Jumlah BTS sebanyak itu menunjukkan keseriusan XL dalam membangun infrastruktur jaringan telekomunikasi seluler yang berkualitas di seluruh provinsi di Indonesia (33 provinsi) sekaligus memenuhi harapan pemerintah dalam membangun jaringan telekomunikasi guna mendorong pemerataan pembangunan di pelosok daerah. Menyambut pencapaian ini, XL menandainya dengan melakukan syukuran yang dihadiri oleh Presiden Direktur XL – Hasnul Suhaimi beserta Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Bpk. Muhammad Budi Setiawan, dan Wakil Gubernur DI Yogyakarta – Paduka Sri Pakualam IX di lereng Merapi, Cangkringan, Sleman. Selain di lerang Merapi, acara yang sama juga diselenggarakan di Pekanbaru Riau, Legian Bali, Maros Sulawesi, dan Cipularang Purwakarta

 

Hasnul Suhaimi mengatakan, “Kami sangat bersyukur dapat membangun instrastruktur BTS hingga melampaui 30 ribu ini mengingat sangat tidak mudah, penuh pengorbanan, dan tentunya memerlukan investasi sangat besar. Semua jerih payah itu kami lakukan untuk memenuhi tanggung jawab kami, baik bagi pelanggan yang semakin banyak dan membutuhkan kualitas layanan terbaik, maupun juga bagi negara yang membutuhkan infrastruktur pendorong pembangunan nasional. Kami pun berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas jaringan ini di masa mendatang, termasuk membangun jaringan 3G hingga ke desa-desa”.

 

Hasnul menambahkan, Dengan tercapainya jumlah yang melebihi 30 ribu BTS tersebut, akan semakin menjamin luasnya cakupan layanan XL (wider coverage), kapasitas layanan yang semakin besar (bigger capacity), serta kualitas layanan yang lebih baik (better quality) sehingga masyarakat Indonesa akan semakin nyaman dalam melakukan aktifitas komunikasi. Ketiga hal tersebut adalah syarat yang harus dilakukan XL mengingat jumlah pelanggan yang terus bertambah dan kini mencapai lebih dari 46,4 juta, juga karena meningkatnya permintaan pelanggan atas layanan data guna mendukung aktivitas mereka.

 

Untuk mengimplementasikan ketiga hal itu, dari tahun ke tahun, XL melakukan peningkatan kualitas jaringan. Di tahun 2012 XL telah menetapkan belanja modal sebesar Rp 7-8 triliun, di mana lebih dari 60%-nya akan khusus dialokasikan untuk mendukung bisnis layanan data termasuk untuk pengembangan infrastruktur jaringan. Pengembangan infrastruktur ini perlu dilakukan di semua lapisan jaringan, mulai dari akses,backhaul, jaringan inti, juga backbone transmisi. Dari lebih 30 ribu BTS tersebut tersebar di Jawa (62%), Sumatera (20%), dan Kawasan Timur Indonesia (Kalimantan, Sulawesi, Maluku, & Papua) (8,5%).

 

Menurut Hasnul, dari lebih 30 ribu TBS tersebut, 20% di antaranya adalah BTS 3G. Saat ini XL berfokus pada pengembangan cakupan, terutama jaringan 3G karena lebih efisien. Tahun 2011 lalu, dari lebih 6.000 BTS baru, sebanyak 36% adalah Node B untuk jaringan 3G. Dengan demikian hingga akhir tahun 2011, XL memiliki 4.910 Node B di seluruh Indonesia. Untuk tahun 2012, XL berencana membangun lagi sekitar 6000 BTS baru, di mana sekitar 4000 BTS di antaranya merupakan BTS 3G. Pembangunan jaringan 3G ini termasuk mencakup kota kecil dan bahkan pedesaan. Beberapa jaringan Node B XL di daerah tertentu akan menggunakan teknologi HSDPA sehingga bisa menyediakan akses internet cepat.

 

XL juga melakukan beberapa modernisasi jaringan untuk mengubah BTS 2G dan 3G-nya ke teknologi Single RAN dan teknologi LTE. Pada akhir 2011, XL telah menyelesaikan pekerjaan modernisasi di beberapa daerah di Kalimantan dan Sumatera serta jaringan 3G di Jabodetabek. Selain itu, untuk mengantisipasi peningkatan lalu-lintas data karena penggunaan yang semakin besar, XL memastikan jaringan backhaul yang dimiliki mempunyai kapasitas sangat tinggi dengan menggunakan tekonologi yang paling efisien dan berkapasitas tinggi. Untuk itu XL mengadopsi teknologi baru yang menggunakan IP atau serat optik, dan memodernisasi jaringan.

 

Saat ini, semua RAN Backhaul dan sebagian RAN XL telah menggunakan teknologi IP yang memungkinkan kapasitas untuk naik menjadi 155 Mbps, jauh lebih tinggi dibanding teknologi lama yang hanya 20 Mbps. Pada tahun 2011, transmisi XL dapat mengakses jaringan menggunakan kombinasi antara gelombang mikro dan serat optik. XL juga telah menggunakan teknologi hibrida yang menggabungkan teknologi TDM dengan IP dalam satu sistem. Saat ini, lebih dari 50 persen Node B XL telah tersambung dengan teknologi IP. Implementasi penuh sistem IP akan dilakukan pada tahun 2012.

 

Sementara itu, untuk backbone, XL memiliki jaringan backbone nasional yang menghubungkan semua daerah di Indonesia. Saat ini semua backbone XL di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan telah menggunakan kabel serat optik. XL juga mengoperasikan jaringan transmisi gelombang mikro di daerah di luar Jawa yang didukung oleh jaringan VSAT untuk menyediakan kapasitas jaringan dan cakupan di beberapa daerah terpencil di Indonesia.