Cabang Olahraga di Para Games 2011 | suryaden

Cabang Olahraga di Para Games 2011

11 venue telah dipersiapkan untuk dipertandingkan dalam Asean Para Games ke 6 tahun 2011 di Kota Solo, Jawa Tengah Indonesia. Tempat pertandingan dilaksanakan di Stadion Manahan, Stadion Sriwedari, Pendapa Balaikota Surakarta, Kolam Renang Manahan, Lapangan Tenis Manahan, GOR Manahan, Gedung Wanita, Sritex Arena, Diamond Solo Convention Center, GOR Nyi Ageng Karang, dan Bengawan Sport. Masing-masing tempat mewakili satu cabang olahraga yang di kompetisikan.

Jadwal dan tempat pertandingan Asean Para Games 2011

jadwal para games 2011

11 Cabang Olahraga Asean Para Games 2011

Bola Voli Duduk

Pertandingan akan di laksanakan di Stadion Manahan, Solo. Pada tanggal 21 Desember 2011. Voli Duduk ini dilakukan oleh tim pria dan wanita, dengan enam wasit, panggul pemain dan saat meblokir bola panggul diperbolehkan untuk menyentuh lantai. Lapangan yang digunakan seluas 10 x 6 meter, dengan net yang lebih rendah. Pertandingan selesai dengan nilai poin 25 dan pertandingan akan berlangsung 5 set dengan 3 set kali kemenangan. 

Olahraga Bola voli duduk diperkenalkan pertama kali di Paralimpiade Arnhem, Belanda pada tahun 1980. Olagraga bola voli duduk di bawah kewenangan Organisasi Voli dunia untuk Difabel (WOVD). Permainan ini membutuhkan kerja sama tim yang solid dan tak ubahnya dengan voli biasa hanya dilakukan dengan duduk sebagaimana tingkat difabilitas pemainnya.

 

Catur Buta

catur buta

Pertandingan Catur Asean Para Games 2011 akan dipertandingkan pada 17 Desember 2011 di Pendopo Balaikota Solo. Catur Buta - sans voir, adalah permainan catur dengan mata tertutup, atau tidak boleh melihat bidak-bidak catur, bahkan menyentuhnya. Dengan hal ini pemain harus ingat di mana posisi bidak-bidak caturnya. Langkah bidak catur di komunikasikan dengan notasi catur yang diakui.

Panahan

panahan difabel

Pertandingan Panahan akan di selenggarakan di Stadion Sriwedari. Olahraga ini diatur oleh Federasi Panahan Sedunia, dan kompetisi panahan difabel pertama di dunia dilakukan di RS Stoke Mandevile, Buckingham, Inggris. Pada awalnya olahraga panahan untuk difabel ini adalah untuk rekreasi dan rehabilitasi penyandang cacat.

Goal Ball

Adalah pertandingan bola untuk difabel netra. Bagaimana orang buta bisa memainkan permainan bola ini? Bisa karena dengan pendengaran dan kemampuannya yang lebih karena buta dia bisa mendengar gerak bola yang di dalamnya dimasukkan kerincingan. Kiper gawang di jaga oleh tiga orang. Pada tahun 1946 oleahraga ini dikenalkan di Austria dan pada tahun 1976 olahraga ini masuk menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Paralympic Games.

Renang

Di Para Games, cabang olahraga renang di atur oleh Komite Paralimpiade Dunia atau International Paralympic Committee (IPC) dengan mengacu pada Federasi Renang Internasional - FINA. Aturan dari Federasi Renang Internasional dimodifikasi sesuai dengan jenis difabilitas dengan platform yang berbeda, seperti dengan menggunakan sinyal atau 'alat penyadap' untuk tuna netra, tanpa prostesis atau alat bantu lain yang harus diizinkan. Cabang olahraga renang sudah mulai di pertandingkan sejak Paralimpiade pertama pada tahun 1960 di Roma, Italia. 

Di Asean Para Games 2011, pertandingan renang akan dilakukan di Stadion Manahan, Solo.

renang difabel para games

Atletik

Dalam Asean Para Games, Atletik tidak semua di pertandingkan. Dalam Cabang olah raga Atletik untuk para lympian yang di pertandingkan adalah :

  1. lari jarak dekat,
  2. lari jarak menengah,
  3. lari jarak jauh,
  4. lari estafet,
  5. marathon,
  6. lempar cakram,
  7. tolak peluru,
  8. lempar lembing,
  9. lompat tinggi galah
  10. pentatlon ( gabungan lari dan jalan, melempar dan melompat, Tergantung klasifikasi atlet)

Cabang olah raga atletik akan di adakan di Stadion Manahan.

atletik difabel

Angkat Berat

Angkat berat di Asean Para Games 6 di Solo akan di laksanakan pertandingannya di Gedung Wanita Sport Hall, Kota Solo. Olah raga ini diikuti para limpian laki-laki dan perempuan.

Kelas yang dipertandingkan untuk pria kelas 48 kg adalah 52kg, 56kg, 60kg, 67,5kg, 75kg, 82,5kg, 90kg, 100kg dan diatasnya.

Kelas yang dipertandingkan untuk wanita adalah kelas dengan berat 40kg, 44kg, 48kg, 52kg, 56kg, 60kg, 67,5kg, 75kg, dan 82,5kg.

angkat berat para games 2011

Tenis Meja dan Tenis Kursi Roda

Cabang olahraga tenis meja di Asean Para Games 2011 akan di lakukan di Stadion Manahan Kota Solo. Kecuali Tuna netra, tenis meja di pertandingkan pada semua atlit paralimpian, pria dan wanit. Dengan 3 set kemenangan dan 11 poin games. Aturan untuk pemain tenis meja untuk manusia berkursi roda harus dimodifikasi dari aturan Federasi Tenis Meja Internasional.

tenis meja asean para games

tenis kursi roda asean para games 2011

Bowling

Pertandingan bowling akan di lakukan di Bengawan Sports Center. Setiap tim dikelompokkan sesuai umur, jenis kelamin dan kemampuan. Olahraga ini digemari karena santai dan menciptakan semangat berkompetisi.

Bulu Tangkis

Bulu tangkis adalah cabang olah raga yang di pertandingkan di Stadion Sriwedari, Kota Solo, Pada saat Asean Para Games 6 tahun 2011. Bulu tangkis baru masuk dalam Para Olimpiade di tahun 1996 oleh founder Asosiasi Bulu tangkis Internasional Penyandang Cacat - IBAD. Anggota IBAD sekarang sudah mencapai 30 negara.

Difabel yang berkompetisi pada cabang olah raga ini di Asean Para Games 2011 adalah para difabel kursi roda, ketidakmampuan belajar, cacat intelektual, fisik (atas dan bawah), dan tuna rungu.

bulutangkis asean para games 2011

Komentar