WiFi File Transfer Android

Mengapa perlu WiFi File Transfer, atau kembali berpikir tentang transfer file. Jawabannya adalah karena keadaan dan kebutuhan koneksi internet. Tablet Android semisal Galaxy Tabs tidak punya colokan USB, lantas bagaimana dia akan berkomunikasi dengan pihak atau komputer lain. Memang dilengkapi dengan bluetooth, kamera digital, Wi Fi, GSM modem, video kamera, dan banyak lagi, namun tak ada colokan RJ 45, USB atau apa yang bisa dengan mudah dan memiliki kapasitas besar untuk file transfer. Dengan e-mail mungkin bisa dilakukan untuk kapasitas hingga 20 mega per kirim, bluetooth yang paling saya benci karena kecepatan transfernya yang sangat mengenaskan.

File Transfer dan Penyimpanan

Beruntung banyak orang yang mengalami hal ini, sehingga para developer opensource dengan kreativitasnya membuat banyak sekali file transfert untuk OS Android. Ada FTP seperti SwiFTP, Bluetooth FIle Transfer yang memudahkan transfer bluetooth bahkan dengan gadget Blackberry yang super jelek dan sudah mau runtuh itu. Cara lain misal dengan file transfer via Yahoo Messenger, Google Talk ataupun Google Apps. Menggunakan layanan pihak ketiga seperti DropBox, UbuntuOne cukup memudahkan ketika komputer desktopnya mendukung.

Wireless File Transfer

Ada yang sederhana dan cukup memiliki kecepatan transfer tidak terlalu mengenaskan adalah Wireless File Transfer Pro di Android Market, Gratis dan tinggal download lalu install sendiri. Lumayan daripada bluetooth, bisa sepuluh kali lipat kecepatannya tergantung router atau access point wireless router yang dipakai. Mengapa ini perlu di install salah satunya adalah ketika anda melakukan kegiatan video dan perlu di simpan di hardisk atau dipindahkan ke komputer desktop, sebagai pelengkap atau stock shoot yang harus terarsipkan, sementara ruang file di gadget sangat terbatas sekali. Hal ini terjadi ketika perekaman menggunakan kaset video menjadi tak menarik lagi, dan ketika gadget tak memiliki memori card eksternal.

upload

 

upload juga

save link as

multi download

Multi Download

zip

Buat Zip dulu sebelum di download

screenshot

File Gambar ada Screenshot-nya dan ada image viewer-nya juga

image viewer

Cara menggunakan Wireless File Transfer inipun sangat mudah, setelah terinstall tinggal di panggil dan akan tercipta di mana alamat file bisa di unduh dengan aplikasi browser di desktop. Juga file download bisa memilih untuk di kompres atau tidak. Jadi gadget android tersebut bisa berfungsi seperti komputer yang file-nya bisa di akses via browser baik download ataupun upload. Sebagaimana perintah di komputer pada umumnya, tidak lupa bahwa properties atau menu dapat di lakukan dengan klik kanan pada file yang di pilih.